10 Fakta Unik Tentang Fan JKT48

10 Fakta Unik dan Menarik Tentang Fans JKT48Fans juga salah satu komposisi penting pada sebuah idol grup. Tapi setelah mengamati kejadian-kejadian dan prilaku dari Fans JKT48 selama ini. Memang muncul fenomena-fenomena baru di Negeri kita ini. Tapi sebenarnya kalau kita ungkapkan fakta-fakta Fans JKT48 memang sedikit unik. Yuk kita lihat apa saja fakta-fakta mengenai Fans JKT48 ini.



1. Loyal

Kebanyakan Fans JKT48 memiliki Loyalitas yang tinggi. Bahkan ini sudah diakui oleh beberapa member JKT48 sendiri. Betapa tidak, mereka rela mengantri dari pagi-pagi buta demi membeli Swag atau Accesories dan barang-barang yang baru dikeluarkan oleh Official JKT48. Mereka juga nampak sabar ketika harus berjam-jam diri demi menunggu antrian “Waiting List” theater maupun konser-konser. 

2. Budaya Sungkem

Sebenarnya ini tak perlu diumbar, tapi memang itu adanya dan ini budaya sejak JKT48 sendiri berdiri, biasanya simbol sungkem atau orang yang sedang berlutut diberikan kepada Fans JKT48 yang lebih tua atau yang menurutnya lebih dihormati. Namun seiring perkembangan fans JKT48 yang makin beragam dan bermacam-macam sifat. Simbol sungkem biasanya untuk meledek fans yang mengaku lebih patut dihormati.
Makanya jangan bangga dulu jika ada teman anda memberi lambang sungkem kepada anda. Kemungkinan besar anda di ejek secara halus.

3. Jomblo

Bukan maksud tebar aib atau merendahkan. Kebanyakan Fans JKT48 memang lebih menyukai status lajang dibanding berpacaran. Kalaupun berpacaran, jarang sekali mereka mengumbar-umbar pacarnya kesesama teman Fans JKT48-nya. Kenapa? Karena sepertinya pacaran itu sesuatu yang memalukan dikalangan Fans JKT48. Tapi itu menurut sudut pandang saya jangan diambil pusing. kejombloan seorang Fans JKT48 tidak jarang menjadi bahan lawakan kepada sesama Fans JKT48 yang begitu terobsesinya oleh idola sampai mereka rela jomblo sesaat.

Diantara Fans JKT48 banyak yang mengaku mereka hobi pacaran saat belum mengenal JKT48, namun begitu mengenal JKT48 mereka memilih menomor duakan urusan cinta. Bahkan banyak fans JKT48 diputusin pacar sendiri hanya karena mereka lebih perhatian kepada JKT48 daripada pacarnya. Ke-lajangan Fans JKT48 juga cukup membuktikan bahwa mereka totalitas dalam mendukung idolanya. Patut diacungi jempol.

4. Budaya memancing

Memancing atau lebih akrab di sebut “Troll” walaupun hakikatnya Troll itu bukan memancing. Maksud saya disini bukan Memancing ikan, melainkan kebiasaan menimbulkan kesalahpahaman atau menyamar menjadi fans baru. Budaya memancing memang sudah terjadi sejak nenek moyang AKB48, motivasi seseorang memancing amarah, kebodohan atau apa kepada fans lain diantaranya karena ingin dikenal, karena merasa paling hebat, dan karena iseng-iseng.

Tapi disini kita menggunakan sudut pandang yang positif saja. Budaya memancing antar sesama fans merupakan salam kenal, istilahnya MOS atau OSPEK jika didunia pendidikan. Saat Troll berlangsung mereka saling kenal walau berawal dari ejek-ejekan. Namun lama-lama rasa kekeluargaan diantara mereka makin menguat.

5. Wota a.k.a Vvota

Wota adalah salah satu sebutan sakral dikalangan Fans JKT48. Bukan karena Wota itu keren, tapi karena Kata Wota itu memiliki 1001 makna sehingga tidak jarang menuai kontroversi dikalangan Fans JKT48. Sering mereka bertengkar dan berdebat hanya karena kata Wota. Hakikatnya Wota bukanlah sebutan untuk Fans JKT48. Karena Fans JKT48 sendiri tidak memiliki julukan khusus. Wota sendiri hanya sebuah sebutan atau panggilan bagi fans yang berdedikasi sangat tinggi pada Idolanya. Terkadang mereka disebut ODF (Over Dossis Fans) oleh beberapa Fans lainnya. Oleh sebab itu, biasanya Fans JKT48 yang ditunjuk atau disebut Wota oleh temannya langsung merendah dan malah menunjuk balik temannya itu.

6. Bangga dengan barang Asli atau Official JKT48

Nah ini, sebenenarnya disinilah seorang fans JKT48 diuji seberapakah mereka bisa mengapresiasi dan menghargai Karya Idola mereka. Beberapa fans JKT48 merasa malu jika mereka ketahuan memiliki barang-barang yang mirip Official tapi KW. Berbeda dengan fanmade atau Swag hasil buah tangan seorang Fans. Karena fanmade merupakan barang-barang berbau idol namun memang tidak dibuat oleh Official atau tidak ada versi aslinya. Kalaupun ada memang berbeda model.

Sebenarnya,menurut meraka keberatan bila membeli barang-barang official. Karena memang harganya diatas rata-rata. Namun mereka rela tidak jajan sekolah 1 bulan demi mendapatkan 1 barang Official. Karena menurut mereka membeli dan memiliki 1 barang Official jauh lebih berharga dibanding punya 10 barang palsu atau KW. Oleh karena itu, mereka berharap agar semua Fans JKT48 bisa terus mengapresiasi karya dan usaha keras idola kita. Dengan membeli barang Official secara tidak langsung kita membuat idola kita atau diri kita sendiri dipandang baik oleh orang lain.

7. Kritis

Yups, seperti kita tahu bahwa Fans JKT48 mayoritas adalah laki-laki. Dan laki-laki lebih suka memakai logikanya dibanding emosinya. Oleh karena itu, sikap kritis Fans JKT48 dapat kita acungi jempol. Walau terkadang ada yang kritis berlebihan, tapi pada beberapa forum mereka terlihat sangat menggunakan pemikirannya untuk mendiskusikan berita maupun masalah yang terjadi pada dunia JKT48. Beruntunglah JKT48 memilii fans yang kritis.

Walau kadang kritis itu menyakitkan tapi ini adalah salah satu cara kami Fans JKT48 untuk mendukung JKT48 agar lebih baik lagi. Karena mereka hanya bisa mendukung-mendukung dan mengkritik. Walaupun didominasi cowok yang kritis, fans girl tidak kalah kritisnya oleh fans-fans cowok. Bagi kalian yang memiliki gagasan,saran maupun kritik bisa kok kalian mengirimkan kepada pihak Staff Official. Silahkan kirim e-mail ke support@jkt48.com.

8. Rajin Menabung

Seperti kita tahu, kebanyakan Fans JKT48 memiliki royalitas yang tinggi apalagi mereka yang bersungguh-sungguh dalam mendukung idola mereka. Mereka tidak tanggung tanggung merogoh koceh dalam-dalam demi idola mereka. Memang dijepang sana kebanyakan pelaku idoling adalah orang-orang yang sudah bekerja. Namun di Indonesia sendiri, Fans JKT48 malah didominasi oleh pelajar. Jadi mau tidak mau mereka harus susah payah menabung.

Secara tidak langsung, mereka belajar apa artinya menabung. Agar tetap menjadi kegiatan positif, alangkah baiknya kita membagi-bagi prioritas tabungan. Dimana ada tabungan yang kita sisihkan demi pendidikan dan masa depan, dan sebagian kita pergunakan untuk mendukung idola kita. Mau bagaimanapun juga, masa depan itu lebih penting. Jadi, kelangit impian!

9. Senang berorganisasi

Satu lagi fakta Fans JKT48 yang positif. Mereka senang berorganisasi. Baik di dunia maya maupun di dunia nyata. Terlebih lagi adanya Fanbase-Fanbase yang tersebar sampai pelosok Indonesia. Mereka belajar mengatur organisasi, ada yang belajar mengkordinasi fans lain, belajar memimpin sebuah Fanbase secara benar. Namun ada baiknya kita belajar memimpin diri sendiri terlebih dahulu sebelum memimpin orang lain.

10. Penggemar Meme Comic

Akhir-akhir ini sedang jadi trend dikalangan pengguna internet. Yups, meme comic. Disini tak usah dijelaskan panjang lebar tentang meme comic. Kalo mau lebih jelas cari saja di Google. Pada dasarnya Penggemar meme comic belum tentu Fans JKT48, tapi Fans JKT48 90% penggemar meme comic. Meme comic memang lucu dikala kita mengerti maksudnya. Malahan sering sekali para Fans JKT48 membuat meme comic dengan tema idolanya sendiri.


Subscribe to receive free email updates: