Fakta Unik Tentang Byakugan ( Klan Hyuga ) - Serial Manga Naruto

Byakugan (白眼; Secara harfiah berarti "Mata Putih") adalah dojutsu kekkei genkai dari klan Hyuga. Mata Ini adalah salah satu dari Tiga dojutsu besar (三大瞳術, San Daidojutsu; Secara harfiah berarti "Teknik Tiga Mata Besar"), yg lainnya adalah Sharingan dan rinnegan.Mereka yang mewarisi darah klan ini memiliki mata berwarna putih seluruhnya. Ketika mengaktifkan Byakugan, pupil pengguna menjadi lebih jelas, dan pembuluh darah di dekat pelipis mereka menjadi menonjol. Hal ini tidak seperti dua dojutsu besar lainya, semua anggota klan memiliki dan dapat menggunakan kekkei genkai ini sejak lahir.

Kemampuan Byakugan sangat didambakan oleh desa lain, terbukti dengan upaya Kumogakure untuk mencurinya dari klan Hyuga. Ao dari Kirigakure mampu mendapatkan Byakugan dari seorang Hyuga yg ia kalahkan, dan sekarang ia menjaga byakugan-nya dgn sangat hati-hati. Setelah tahu seorang dari kiri memilikinya, Danzo Shimura berusaha untuk mengambil atau menghancurkannya. Tidak seperti transpalasi Sharingan, Byakugan hasil transpalasi dapat diaktifkan dan dinonaktifkan oleh pengguna. 

Kemampuan

Kemampuan pertama dari byakugan adalah memberikan pengguna penglihatan 360º, kecuali satu titik buta di bagian belakang leher di atas tulang belakang, jarak terjauh setelah mengaktifkannya adalah 50 meter di sekitar mereka.

Kemampuan kedua adalah mampu melihat menembus benda padat, dan dapat menggunakannya seperti teleskop. Jarak dan tingkat jauh yg dapat dilihat berbeda tiap orang, dan dapat ditingkatkan. Dalam naruto, Neji Hyuga bisa melihat area seluas 50 meter, tetapi ia memiliki jarak pandang minimal 800 meter di naruto shippuden, sementara itu Hinata Hyuga dalam naruto shippuden dapat melihat sejauh 10 km. Namun, byakugan tidak dapat melihat pada hambatan tertentu, seperti formasi yg digunakan oleh tim oto.

Kemampuan ketiga dan yg paling penting dari Byakugan adalah kemampuan untuk melihat chakra, aliran chakra, dan sistem sirkulasi chakra dalam tubuh dengan sangat detail serta warna chakra. Dgn kemampuan ini pengguna akan mengkombinasikan dgn taijutsu khas hyuga yg akan menghambat sirkulasi chakra. Selain itu dgn kemampuan ini pengguna byakugan juga akan merasakan terkena genjutsu dari pengguna sharingan atau rinenggan dgn melihat chakra-nya kacau atau tidak. Dalam anime byakugan juga dapat digunakan untuk melihat orang yg menyamar dgn yg asli. Dalam Pencarian Bikochu, Hinata menunjukkan dua kemampuan lain dari Byakugan-nya: kemampuan untuk memperbesar dan memperkecil, efektif melihat setiap serangga kecil di daerah itu dan melihat spektrum infrared yang memungkinkan dirinya untuk mendeteksi melalui panas tubuh lawan/bikocho yg dicari.

menggunakan Byakugan terus-menerus dan cukup lama menyebabkan ketegangan mata yg parah pada pengguna seperti yang terlihat pada Neji Hyuga, yang pada saat itu, tidak bisa membedakan antara Kiba dan Akamaru. Namun ini, hanya sementara.

MACAM-MACAM MATA BYAKUGAN

Mata Normal Klan Hyuuga berbeda dengan mata normal manusia. Iris dan pupilnya hampir tidak dapat dilihat karena putihnya warna mata itu. Pupilnya juga lebih besar dari pupil mata manusia. Skleranya lebih kecil dari pupil tersebut.
Sewaktu aktif, iris yang tersembunyi mulai tampak. Pupilnya juga mulai tampak.
kesimpulan :
mata ini merupakan jenis mata yang mengandalkan penglihatan, tidak seperti sharingan (kekuatan ilusi) dan rinnegan. memiliki banyak kelebihan, yaitu :
1. dapat memeriksa keadaan sekitar secara menyeluruh.
2. dengan cepat tahu keberadaan musuh.
3. tidak terlalu menguras cakra.
4. menjadikan pemakainya seperti dilindungi oleh banyak mata.

5. dll.

Lain-Lain

- Kadang-kadang pengguna byakugan membuat beberapa segel tangan ketika mengaktifkan kemampuan, meskipun juga mampu untuk mengaktifkan tanpa segel. Segel tangan yg digunakan adalah: Kuda, macan dengan mengangkat jari telunjuk saja, Babi dengan jari hampir diluruskan, kelinci, Tikus, Anjing, Kuda, Anjing, Kelinci, Tikus, Babi dengan jari hampir menegakkan, dan Ular dengan jari telunjuk kanan diangkat lurus ke atas . Kadang-kadang hanya segel terakhir digunakan, dan paling sering, tidak ada segel yang digunakan.
- byakugan dikatakan memiliki penglihatan dan wawasan terbesar di antara semua dojutsu.
- Bila digambarkan di anime, mata Hyuga cenderung memiliki petunjuk sedikit warna di dalamnya, meskipun fakta bahwa seharusnya benar-benar putih.
- Dalam anime, penglihatan byakugan yang biasanya digambarkan dalam warna hitam dan putih. Namun, ada kasus dalam manga yang bertentangan dgn ini

Subscribe to receive free email updates: