Tips agar Bibir Tidak Kering saat Berpuasa

Saat menjalankan ibadah puasa, kaum muslimin sering mengalami permasalahan bibir kering. Memang sangat mengganggu, namun tidak bisa dipungkiri terjadinya bibir kering, karena ulah kita sendiri yang kurang memperhatikan kesehatan.Banyak penyebab yang mengakibatkan bibir kering. Seperti terlalu lama berada di tempat dingin atau ruangan berpendingin, kurang minum air putih, polusi udara dan debu, terlalu banyak mengonsumsi lauk asin pedas, dan masih banyak lagi penyebab lainnya.




Dilansir dari website tips kesehatan, ada tujuh tips yang bisa Anda praktikkan untuk mengatasi permasalahan bibit pecah.

1. Perbanyak minum air putih saat berbuka dan sahur

Bibir pecah menunjukkan tubuh kekurangan cairan atau biasa disebut dehidrasi. Cobalah untuk mengkonsumsi 2-3 liter air putih setiap harinya.

2. Hindari rokok dan alkohol

Selain tidak sehat, alkohol juga menjadikan puasa kita sia-sia dan tidak diterima oleh Allah. Alkohol dan rokok bisa mengakibatkan bibir kering dan hitam.

3. Perbanyak konsumsi sayuran dan buah

Saat makan malam dan sahur, konsumsi sayuran dan buah-buahan yang banyak mengandung vitamin E, C, A, antioksidan dan asam lemak esensial. Selain bisa menyembuhkan bibir kering, juga bisa melembabkan kulit.

4. Hindari bernafas dengan mulut

Aliran udara panas yang keluar dari mulut bisa menjadikan bibir kering, untuk itu biasakan bernafas melalui hidung. Jika Anda sedang sakit hidung tersumbat atau flu, segera berobat.

5. Pakai pelembab bibir

Untuk wanita, tidak ada salahnya menggunakan pelembab bibir. Selain mempercantik penampilan, pelembab bibir juga bisa menjauhkan Anda dari bahaya lingkungan yang tidak bersahabat.

6. Hindari menjilat bibir

Kebiasaan kita jika bibir kering adalah menjilatnya dengan lidah sendiri. Dengan alasan sebagai cara mudah untuk melembabkan bibir. Memang cara ini terbilang efektif bisa mengatasi permasalahan dalam waktu singkat, namun perlu diingat bahwa air liur memiliki kandungan asam yang berfungsi membantu melunakkan makanan.

Kulit bibir yang sering diusap dengan lidah justru menyebabkan kerusakan lebih parah pada bibir. Bahkan kebiasaan menjilat bibir, bisa menjadikan Anda di cap sebagai pria mesum.

7. Oleskan madu atau mentimun

Saat malam hari, tidak ada salahnya Anda mengoleskan madu atau mentimun pada bibir. Pengolesan secara teratur bisa menghindarkan bibir kering.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips agar Bibir Tidak Kering saat Berpuasa"

Post a Comment